GOOGLE DOODLES : UNTUK INDONESIA DI HARI KEMERDEKAAN !!!


TUJUH BELAS AGUSTUS TAHUN EMPAT LIMA…….!!!!

Yap,  lagu inilah yang saat ini bergema di mana-mana (selain lagu Indonesa Raya sih ) selepas gema takbir bulan Ramadhan kemarin J. Dibarengi dengan upacara bendera yang khusuk, gerakan baris-berbaris para Paskibraka yang anggun nan keren di tengah lapangan membuat momen upacara di tanggal 17 tahun ini menjadi SESSSSUATUUUUUU… BANGEETTTT………hahaha ( lebay mode : on)

Yah, Indonesian independence day, tanggal di mana Pak Soekarno memproklamirkan kemerdekaan walaupun dengan dihadiri sedikit orang, tapi tepat di hari itulah, Indonesia dengan berdikari memerdekaan diri, tidak mau terpedaya akan janji janji manis Jepang yang katanya mau memerdekaan namun yang akhirnya hanya PHP,  ( ha..ha…)

Sebagai suatau keharusan , wajib, kita merayakannya, celebrate istilahnya, tidak hanya dengan suka cita, namun dengan khitmat dan khusuk. Suka cita karena hari inilah bangsa kita keluar dari lubang jarum yang sempit, khusuk karena hari inilah titik kulminasi para pejuang Indonesia dalam berjuang melawan penjajah, dan hitmat, mengirimkan doa kepada para pejuang yan telah gugur agar di terima segala amal perbuatanya di sisi Tuhan, Amin

Terkait hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang jatuh hari ini, 17 Agustus 2013 tepat  pada umur ke 68 tahun Indonesia merdeka, raksasa layanan internet GOOGLE kembali dengan GOOGLE DOODLE nya turut memberikan ucapan dengan mengubah tampilanya guna memberi selamat kepada bangsa Indonesia,
Tepatnya tengah malam tadi, (penulis masih online ) kaget!!! , kok berubah ada burung garudanya gitu , bagi yang kelewat melihat google, nih preview-nya  seperti ini
 
Kami turut berterima kasih kepada google , karena turut ikut merayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Bisa sebagai sebuah gift juga, bagi para pengakses google di Indonesia, yang notabene Indonesia adalah Negara dengan pengakses yang cukup banyak dan di perhitungkan di jagar raya ini ( that’s right…!!!)

Ini tahun kelima , google memberikan congratulatory  kepada Indonesia, dengan  tema dan bentuk yang berbeda tiap tahunnya. Bagi yang penasaran berikut preview google doodle nya :
TAHUN 2009

TAHUN 2010

TAHUN 2011


TAHUN 2012
 
Bagi yang belum tahu apa itu google doodles, dilangsir dari wikipedia, google doodles itu adalah logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa yang ditampilkan pada saat ada peringatan atau event tertentu pada setiap negara yang support Google.
Biasanya hari perayaan , ulang tahun tokoh terkenal, maupun even-even yang sempat terjadi, digambarkan dengan bagus. Bahkan ada yang berbentuk flash, sehingga bisa di mainkan
(sepet lupa mau googling apa gara gara main flas itu, kalo gak salah itu pas memperingati hari bumi, trus pacman, valentine day, star trek, ha..ha… )

Nah, gak cuman Indonesia saja yang diberi ucapan selamat, negara negara lain yang juga merayakan hari kemerdekaannya pun juga diberi selamat. Pada tahun 2013 ini beberapa negara yang sudah merayakan kemerdekaannya seperti :

INDIA INDEPENDENCE DAY 2013
PAKISTAN INDEPENDENCE DAY 2013

PERU INDEPENDENCE DAY 2013

COLOMBIA INDEPENDENCE DAY 2013



AUSTRALIAN DAY 2013
PHILIPINES INDEPENDENCE DAY

 

Dan masih buanyyak lagi

Nah bagi temen temen yang mau lihat koleksi google doodles, yang pernah di buat pihak google, (banyak yang jelas) kalian bisa cek sendiri  di


 
Nah, google saja menghargai dan memperingatinya, bagaimana dengan kalian hei para pemuda-pemudi Indonesia , yang katannya penerus bangsa,
bagaimana kalian mengisi  hari kemerdekaan bangsa kalian !!!
Jangan jangan kalian banyak yang tidak tahu lagi sejarah lahirnya kemerdekaan Indonesia ????
Nah loh,
Masih inget kan apa itu  Rengasdengklok, ?, Sayuti Melik, ? BPUPKI, ?
Kalo lupa ya….Buka lagi tuh IPS TERADU SMP
He..he,….
So,
SELAMAT HARI KEMERDEKAAN INDONESIA YANG KE 68 TAHUN !!!
MAKIN tua makin deweasa, makin makmur, makin sentosa, kurangin yang KKN, kurangin yang bentrok, banyakin orang orang yang pinter,  banyakin lagi atlet-atlet yang berbakat, dan semoga bisa kembali lagi menajdi Macan Asia,
 AMIIIIIIIN!!!!!!

 WEBTOON 
 waktunya baca komik romantis gratis di internet !!!

Temen-temen pasti pernah mbaca komik kan, atau paling tidak, pernah megang kan, ya.. kalo belum paling tidak pernah dengar kan …(kebangeten juga sih kalo belum)  nah itulah gambaran awal tentang Webtoon.

Webtoon disebut juga dengan webcomik, merupakan gabungan dari dua kata yaitu “web” yang merupakan website, dan “toon” di ambil dari kata cartoon, jadi secara harfiah (ceileh….) dapat diartikan sebagai komik yang didistribusikan lewat jaringan internet. Tentunya, webtoon jelas beda dengan scanlation, kalo scanlation adalah komik cetak yang kemudian di scan, sedang webtoon, emang dari awalnya di buat untuk di terbitkan di internet, jadi tidak ada versi cetaknya. Selain itu, webtoon legal lho,

Webtoon sendiri berasal dari negerinya serial drama, ya, Korea, dan merupakan komik khas di sana selain Manhwa ( sebutan komik cetak di Korea, kalo Jepang disebut manga kalo di Indonesia ya..komik ^^ ). Nah webtoon ini jika dibandingin dengan komik cetak , maka ada perbendaan perbedaan yang

mencolok yang membuat Webtoon “have a special thing” atau ciri khas lah, mari kita cek satu persatu .
1.   Komik ini formatnya berwarna, bahkan ada kabar bahwa ada yang memakai flash atau efek suara  (wow)
2. Segi format gambar, webtoon mengusung gambar yang simple, jadi kalian tidak akan menemui karakter yang seperti di komik, seperti full expressions, atau dengan penegasan garis , namun sekedar atau bahkan kaya` coretan. (update : bahkan ada babarapa karya yang dibuat keren lho )
Dari segi cerita, biasanya simple dan ringan, bahkan percakapannya pun (balon, kalo dalam komik) sedikit dan intinya mudah dipahami. Jadi jangan harap kalian menemui kaya` komik Conan atau One Piece ya, yang balonya banyak banget , ampe kider ni mata buat mbacanya.
 
Nah weebtoon sendiri saat ini sedang booming-bomingnya di Korea sana, terutama di kalangan anak remaja, istilahnya ABG dan sejenisnya he..he…, Kenapa bisa booming?, nah kita akan bahas satu persatu.
Fact #1
Seiring dengan berkembanganya teknologi  sekarang ini, sebenarnya turut menyuburkan dan memunculkan webtoon lho. Kalian pasti tahu tentang gadget, terutama tablet dan sejenisnya yang biasa kalian tenteng ke mana-mana (yah..walaupun 80% kagak kepake….) nah…, di Korea sana, juga sama,hampir seluruh masyarakat di sana terutama kaum muda, selalu berkutat dengan gadget. Jadi semua hal yang biasanya dilakukan secara manual, ditranformasikan ke dalam digitalisasi. Seperti membaca koran, buku, mendengarkan musik, menonton tivi , semua diciptakan agar dapat diakses oleh satu personal gadget (gejala ini kini juga sudah merambah Indonesia -> gejala difusi ) so, begitu pun tentang komik, akhirnya komikpun merambah ke dunia digitalisasi. Gitu sob
Tapi, berkembangnya webtoon hingga sampai sekarang ini , awalnya bukan karena di sengaja lho, ceritanya beda.  Berdasar dari data yang di dapat, weebtoon diawali dari sebuah buku harian bergambar yang dibuat dalam home page ( semacam blog) pribadi, yaitu milik Sun Gye Goon yang sifatnya tidak komersil. Akibat hal tersebut, ternyata menarik perhatian pengunjung situs dan mulai banyak yang menuliskan komentar pada home pagenya. Nah lama-kelamaan menjadi webtoon.
 Karena semakin banyak yang tertarik, akhirnya webtoon ditarik ke ranah komersial dengan dibuatnya situs khusus webtoon. Banyak situs-situs yang menyediakan layanan webtoon. Salah satu yang cukup terkenal dan memiliki koleksi yang banyak adalah di comic.naver.com


 Di NAVER yang jelas bahasanya Korea ya :) , tapi ada yang sudah dialih bahasakan ke dalam bahasa Inggris  seperti di webtoonlive.com 


Kembali ke fact #1, akibat kemudahan dalam mengakses webtoon tersebut, yaitu menggunakan gadget, konsumen tidak perlu lagi membeli atau meminjam buku komik,  dapat dikatakan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bisa menghibur diri, bahkan kalo ada wii fii , bisa gratisan banget ngaksesnya (kegemaran anak zaman sekarang noh……. )
 
Fact #2
Webtoon jadi terkenal karena adanya interaksi antara penulis dengan pembaca sob. Jika kita membaca komik cetak, kan kadang kita merasa tidak cocok dengan alur cerita, penokohan, gambar, dan lain sebagainya. Namun, yang jelas, kita tidak bisa komplain atau memberi masukan ma yang ngarang. Alasanya pertama, tidak tahu alamat pengarangnya, lagian, komik-komik yang beredar di Indonesia tuh komik-komik dari luar negeri, seperti Jepang, Korea, China yang secara, jauh banget. Masak cuman mo komplain saja, harus ngirim surat ke Jepang, alih-alih nyampe, ngasar di Antartika mah iya (ha..ha..lebai)
Tapi webtoon beda, setiap halaman , ada kolom untuk komentar lho, kalian bisa cek sendiri di NAVER.
 
So,  pastinya pembaca bisa comment , setuju atau tidak setuju dengan alur ceritanya, dan bahkan bisa memberi komentar dan masukan buat pengarangnya, sehingga mangakanya bisa terbantu buat ide-ide dan pengembangan cerita baru. (siapa tahu bisa ketemu jodoh disitu ha..ha… )

Fact #3
Sempat disinggung di awal, masalah cerita, ya cerita webtoon itu simple, ringan, dan asik. Tampilannya berwarna bahkan kadang ada efek seperti flash yang memberikan suatu hal yang berbeda dan fresh, sehingga ngebacanya tuh asik.
(Lagi pas puseng, baca yang ringan dan kocak, ngakak tingkat dewa dah whaaa..ha…ha…ha…)
Itulah beberapa fact dari webtoon,. Oh ya walaupun kita mengaksesnya gratis , tapi yang membuat  webtoon itu dapet bayar lho….. ( dan kini udah jadi salah satu job di sana)

Pertanyaan:
Trus Indonesia punya atau Ada webtoon gak ?
Pertanyaan yang super sekali, hmm….jujur Indonesia masih belum ada, namun jika kita menelisik lebih jauh ( ceileh bahasanya)  pada beberapa tahun yang lalu sempet ada yang mirip tapi namanya beda. Coba cek deh di majalah-majalah terbitan 3-4 tahun yang lalu. Itu lho, iklan yang isinya dari game, wallpaper, ringtoon, dan temen-temenya itu. Nah salah satunya manawarkan jasa Mobile Comic, nih kaya gini gambarnya......

Namun penulis rada gak yakin kalo komik2 itu buatan Indonesia, but,  who know…..
Namun, iklan-iklan kaya` gitu, sekarang sudah tidak ada lagi ya pren, yang jelas karena sekarang setiap orang udah melek teknologi, nggak perlu bayar Rp.3000 – Rp.5000, cuman buat dapet game, wallpaper, atau ringtoon, tinggal tancap modem, surfing, download , tancep usb, udah deh masuk di hape, ha..ha…(atau tinggal surfing by hape dan smart phone kalian..)
Namun, kalo yang di maksud seperti webtoon Korea , adanya translate sob, dari bahasa Korea ke versi bahasa Indonesia sob, kalian dapat cek di indowebtoon.wordpress.com

Pertanyaan :
Ada gak sih webtoon yang terkenal ?
So pasti ada dong, banyak dan booming dan bahkan sudah ada yang dibuatin film,  kalian bisa cek sendiri di internet.
Selain itu, sudah ada yang di adaptasi menjadi serial (K-Drama)  juga sob, dan booming di awal tahun 2013 ini,  yaitu FBND atau Flower Boy Next Door  yang dibintangi oleh  Park Sin Hye. Ni drama, diadaptasi dari webtoon yang berjudul…" I steal peek at him every day /   Na Naun Mae il Geureul Humchyeo Bon Da "  karya  Yoo Hyun Sook.
I steal peek at him every day / Na Neun Mae Il Geureul Humchyeo Bon Da

Kadorama-recaps.blogspot.com http://kadorama-recaps.blogspot.com/2013/02/webtoon-flower-boy-next-door.html
 Nah uniknya di serial ini selain mengangkat cerita yang dikisahkan di webtoon, beberapa tokohnya di sini digambarkan  berprofesi sebagai webtoon maker lho.  So, penulis recommended  buat sobat-sobat semua untuk nonton serial ini, terutama bagi yang ingin tau gambaran pekerjaan webtoon tuh seperti apa (he..he..). Selain sobat-sobat bisa ngakak GaJe dan senyam-senyum GaJe, tenang…… ni serialnya tipikal comedy  romantic, ringan tapi keren.

Nah, sudah ada gambaran kan tentang apa itu webtoon, semoga membantu rasa curious kalian (^0^)V,

Sumber referensi :
- disarikan dari berbagai sumber
OGB ! SABAIKNYA ANDA TAHU !!
(Realitas Obat Generik di Masyarakat )


Obat generik, ketika mendengar kata itu entah mengapa kebanyakan dari kita langsung ter set-up untuk berfikir bahwa obat generik adalah sebagai obat kelas dua,berkualitas rendah,  obat murah, obat untuk orang miskin, serta di identik kan dengan obat yang tidak manjur.

Begitu pun dengan penulis, awalnya juga memiliki pandangan yang sama seperti itu, ternyata pandangan-pandangan sempit seperti ini masih terlintas dan ternyata mengakar kuat di dalam masyarakat . Entah dari mana, oleh siapa, dan kapan persepsi seperti itu bermula dan tersebar, namun sebenarnya persepsi ini jauh dari kebenaran atau dapat dikatakan menyesatkan fakta-fakta di balik semua itu.

Kenyataan menyebutkan bahwa persepsi – persepsi di atas  tersebut sebenarnya “salah” dan tidak berdasar pada sesuatu secara pas dan tepat. Maka akan menjadi suatu yang salah kaprah ketika kita menganggap obat generik sebagai obat murahan , tanpa mengetahui apa itu obat generik sebenarnya dan fakta yang sebenarnya. Oleh sebab itu penulis akan membahasnya di sini.

OGB
Obat generik sejatinya adalah obat yang sudah tidak memiliki hak paten (royalti), maksud dari royalti di sini adalah, membayar atau membeli ramuan obat tersebut kepada menemu/ pencipta obat sebagai tanda kita menggunakan produknya, sehingga ketika perusahaan farmasi ( perusahaan pembuat obat) memproduksi obat ini , maka tidak lagi perlu membayar royalti kepada pencipta obat.


Obat generik sendiri memiliki dua jenis yaitu OGB (obat generik berlogo) dan OGM (obat generik bermerek atau obat bermerek). OGB merupakan program pemerintah yang diluncurkan pada 1989 dengan tujuan memberi alternatif bagi masyarakat, dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, dan ketersediaan obat yang cukup[1]. Dinamakan OGB karena obat ini ditandai dengan logo lingkaran hijau bergaris putih dengan tulisan "generik" di bagian tengahnya. Seperti ini:



Dari sisi zat aktifnya atau komponen utama obat, antara obat generik (baik berlogo maupun bermerek dagang), persis sama dengan obat paten, namun yang membedakannya adalah kalau OGB biasanya di pasarkan dengan merek dagang zat aktifnya obat tersebut dan pasti memakai logo. Sedangkan OGM memakai nama dagang dari produsen tanpa mencantumkan logo. Harga OGM ini jauh lebih mahal dibanding OGB, padahal kandungan zat aktifnya sama. Selain itu berbicara masalah harga, harga OGB lebih murah karena telah ditetapkan oleh pemerintah, sedang OGM di tentukan oleh perusahaan farmasi yang memproduksinya.

 Namun, mayoritas obat-obat yang digunakan oleh rumah sakit pemerintah, dan puskesmas adalah OGB. Hal ini dikarenakan telah ada peraturan dari Menteri Kesehatan yang mewajibkan penggunaan OGB khususnya di seluruh rumah sakit pemerintah dan puskesmas dan beberapa program kesehatan pemerintah[2]. Jadi,  bagi masyarakat yang berobat menggunakan Jamkesmas, maka juga akan mendapatkan OGB.

Bisa jadi, bagi masyarakat yang berobat ke puskesmas dan mendapat obat yang di masukkan ke dalam plastik klip, itu adalah OGB. OGB sendiri diracik dengan kandungan obat yang sama /berkualitas dan pengepakannya dari pra hingga pasca produksi diawasi dengan ketat. Bahkan, bagi perusahaan yang ingin memproduksi obat generik tipe ini terdapat beberapa syarat-syarat yang wajib dipenuhi. Jika tidak dapat memenuhi, maka tidak diizinkan untuk memproduksinya. Maka, salah jika OGB diartikan sebagai obat murahan atau kelas dua atau dibuat dengan separuh hati.

                  (produksi obat generik . dok.KOMPAS)

ALASAN OGB MURAH
Salah satu stigma masyarakat terhadap OGB adalah obat murah yang murahan. Ya…. memang kalau yang murah kadang murahan, penulis pun juga setuju. Namun, hal tersebut tidak berlaku dan tidak dapat di generalisasikan pada setiap hal. Termasuk dalam kasus OGB ini. Mentang - mentang harga murah, belum tentu murahan.
Alasan OGB murah seperti yang dilangsir dari berbagai sumber, bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan harga obat generik menjadi murah
  1. OGB adalah obat yang sah tidak ada royalti, sehingga harga obat tidak tertanggung oleh royalti obat, atau produsen tidak perlu lagi uji klinis ulang, seperti yang telah di jelaskan di awal.
  2. OGB diproduksi dalam jumlah besar, karena pasti dipakai di setiap rumah sakit, sehingga faktor produksi lebih efisien.
  3. OGB dibuat dalam bentuk yang sederhana di mana dibuat strip atau kaplet tanpa pengemasan yang terlalu meriah ( penggunakan box, model atau yang lainnya), sehingga tidak memerlukan biaya tambahan untuk pengemasan.
  4. Harga OGB diatur oleh pemerintah, di mana dibuat lebih terjangkau oleh masyarakat.
Alasan – alasan di atas itulah yang membuat obat generik menjadi lebih murah di banding dengan obat branded lainya. Jadi murah tersebut karena bukan murahan melainkan di buat murah agar terjangkau oleh masyarakat.


FAKTA PENGGUNAAN OBAT GENERIK DI MASYARAKAT
Dewasa ini memang, penggunaan obat generik tidak seperti dahulu, yaitu telah mengalami peningkatan, seperti yang dilangsir dalam Kompas[3] bahwa pasar OGB di Indonesia dari tahun 2009-2011 mengalami peningkatan 23% . Hal ini menunjukkan bahwa banyak yang mengunakan obat OGB
Hanya saja, terdapat suatu hal yang lucu bahwa , meningkatnya tersebut karena tuntutan dari masyarakat untuk mendapatkan biaya pembayaran kesehatan murah, oleh sebab itulah dokter menggunakan OGB, namun, ketika masyarakat ditawari OGB, mereka kebanyakan menolak. Satu sisi masyarakat menginginkan ongkos kesehatan murah, namun menolak OGB. Kita dapat cek hal ini dalam setiap pemberitaan tentang Obat generik di Koran - koran. Hal ini dikarenakan pandangan pandangan keliru tersebutlah yang masih mengakar kuat di dalam masyarakat.
Dapat dikatakan terkait pemahaman tentang OGB, masyarakat kita terbagi menjadi 3 (tiga) macam , yaitu :
  1. Tahu  dan Menggunakan.
  2. Tahu tetapi tidak menggunakan, dalam artian, mereka tahu tentang OGB (informasi) namun tidak mau menggunakan karena pandangan tersebut dan gengsi dan merasa obad branded lebih berkasiat, atau bagi mereka yang mampu untuk membeli obat branded.
  3. Tidak tahu dan tidak mau menggunakan, artinya masyarakat tidak tahu tentang OGB, apa itu OGB, namun menolak menggunakan untuk media pengobatan dan lebih percaya kepada obat non generic/ branded.

Masalahnya, untuk golongan ketiga ini lah yang lebih banyak mendominasi di dalam masyarakat, mereka MENOLAK namun tidak sadar kalau SEBENARNYA MEREKA MENGGUNAKAN OGB.


OGB OBAT TIDAK MANJUR
Nah,  salah satu persepsi OGB adalah tidak manjur,.nah…., untuk yang urusan ini, penulis punya cerita yang mungkin dapat menjawab hal ini. Hal yang lucu ini terjadi di dalam masyarakat penulis , dan mungkin juga terjadi di dalam masyarakat para pembaca
Jadi, sering tetangga penulis tidak percaya pada obat yang diberikan dokter A karena dulu tidak kunjung sembuh, dan akhirnya beralih ke dokter B , bahkan mereka rela menempuh jarak yang lumayan jauh untuk ke dokter B karena dirasa manjur, walaupun sebenarnya obat yang diberikan hampir sama dan bahkan sama. Hal ini lah yang disebut dengan sugesti, bahwa sugesti juga turut memegang peran dalam memberikan kesembuhan. Kalau kita yakin sembuh, maka kita akan sembuh, namun kalau dari awal sudah ragu dan tidak yakin, walaupun obat tersebut manjur maka kesembuhan pun tidak kunjung lekas datang. Begitupun dengan nasib OGB,  ketika masyarakat sudah men-set pikiran bahwa obat generik itu obat murahan dan tidak akan sembuh-sembuh, maka walaupun minum, juga tidak kunjung-kunjung sembuh.

Dari sini kita mulai tahu kan, bahwa stigma- stigma tersebut terjawab , nah oleh sebab itulah perlu kita dihilangkan mulai sekarang.

FAKTA LAIN DI LAPANGAN
terkait penggunaan obat generik nah…..keseringan kita menyerahkan segala sesuatu terkait resep obat,  kepada dokter dan tanpa perlu ikut “cawe-cawe” , ya kalau dokter menyerankan obat generik, kalau tidak ?!.
Bagi masyarakat yang berobat ke puskesmas, bisa dipastikan mendapat obat generik, tetapi bagi yang berobat ke rumah sakit, apalagi rumah sakit swasta, kemungkinan mendapat obat di luar generik masih ada. Oleh sebab itu, jangan takut atau ragu untuk meminta kepada dokter agar dibuatkan resep yang menggunakan obat generik, hal ini dikarenakan kita berhak untuk itu, kita punya hak untuk meminta dan bertanya kepada dokter. Atau ketika dokter sedang membuatkan resep, kita dapat meminta kepada dokter jika ada obat generik yang dapat menyembuhkan , maka pakai OGB saja, seperti itu.

Maksud penulis tentu bukan memaksa, hanya saja, jika kita bisa mendapatkan pengobatan yang lebih murah dengan kasiat obat yang sama , mengapa kita perlu membayar mahal ?!.

Penghilangan stigma masyarakat yang memandang murah sebagai murahan perlu dihilangkan,  oleh sebab itulah bagi kita yang sudah tahu tentang apa itu obat generik  maka jangan ragu lagi, mari kemudahan- kemudahan tersebut untuk kita manfaatkan , dengan begitu dapat meringankan biaya ongkos kesehatan kita ketika berobat,
Walaupun begitu, tentu kita tidak ingin sakit bukan, marilah kita jaga kesehatan, Karena tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang . Untuk mengetahui lebih lanjut tentang obat generik, teman-teman dapat berkunjung ke www.dexa-medica.com


Referensi:a
: KOMPAS, Obat Generik Berlogo Murah Tapi Tidak Murahan. http://health.kompas.com/read/2012/06/28/15354446/Obat.Generik.Berlogo.Murah.Tapi.Tidak.Murahan.Di akses pada tanggal 08 April 2013.

:KOMPAS . Obat Generik Berlogo Bukan Obat Orang Miskin.
http://health.kompas.com/read/2012/07/24/21015322/Obat.Generik.Berlogo.Bukan.Obat.Orang.Miskin. Di akses pada  tanggal 08 April 2013.






[1] Baca lebih lanjud, KOMPAS . Obat Generik Berlogo Bukan Obat Orang Miskin. http://health.kompas.com/read/2012/07/24/21015322/Obat.Generik.Berlogo.Bukan.Obat.Orang.Miskin.   Di akses pada  tanggal 08 April 2013.
[2] Baca lebih lanjud KOMPAS, Obat Generik Berlogo Murah Tapi Tidak Murahan. http://health.kompas.com/read/2012/06/28/15354446/Obat.Generik.Berlogo.Murah.Tapi.Tidak.Murahan. Di akses pada tanggal 08 April 2013.

[3] Baca lebih lanjud KOMPAS, Obat Generik Berlogo Murah Tapi Tidak Murahan. http://health.kompas.com/read/2012/06/28/15354446/Obat.Generik.Berlogo.Murah.Tapi.Tidak.Murahan. Di akses pada tanggal 08 April 2013.